BENCHMARK DAPEN BI KE DAPEN TELKOM

posted in: Berita | 0

Kamis, 26 Oktober 2017 Dapen Telkom menerima kedatangan Pengurus dan Tim DAPEN Bank Indonesia  (Dapen BI) untuk melakukan benchmark,   acara dibuka oleh Kabagsek menyampaikan selamat datang, selanjutnya Sutikno-Direktur Kepesertaan Dapen BI  menyampaikan maksud dan tujuannya melakukan benchmark ke Dapen Telkom,  dalam acara ini dihadiri pula Sujadi Merdeka-Direktur Investasi, Sindhu Aryanto-Direktur Kepesertaan dan para Senior Leader Dit Kepesertaan

 

Adapun hal yang ingin dipelajari oleh Dapen BI antara lain:

  1. Registrasi ulang

Selama ini Dapen BI masih melakukan registrasi ulang secara manual dengan cara mengisi formulir kemudian dilegalisasi oleh RT/RW dan selanjutnya diberikan kepada perkumpulan pensiun BI. Registrasi ulang pensiunan dilakukan 3 tahun sekali, untuk anak/janda dilakukan 1 tahun sekali. Dapen BI menginginkan registrasi ulang dapat berjalan secara efektif/efisien dan tidak merepotkan pensiunan.

  1. Kegiatan monitoring

Dapen BI  dalam melakukan monitoring atas keberadaan pensiunan dilakukan melalui telepon dan atau kunjungan langsung langsung ke alamat pensiunan, dan hal ini  menyita banyak waktu dalam melakukan kegiatan tersebut.

 

Angkoso selaku Kabidman Data & Administrasi Peserta Dapen Telkom menjelaskan, saat ini Dapen Telkom melakukan data ulang (datul) dan monitoring dengan menggunakan beberapa cara diantaranya :

  1. Datul on line melalui Bank BNI, BRI dan P2TEL
  2. Kerja sama dengan Pengurus P2TEL, melakukan kunjungan ke Penerima Manfaat Pensiun (PMP) kategori A (Usia >80 tahun dan Uzur) dan PMP sudah tidak mempunyai ahli waris
  3. Datul dilakukan setiap 6 bulan sekali, dan bagi PMP yang tidak melakukan datul maka manfaat pensiun akan ditangguhkan sampai PMP tersebut melakukan datul.
  4. Saat ini sedang dilakukan penyusunan database dengan sistem sidik jari (finger print), dan kedepannya akan menggunakan mobile app.

 

Selanjutnya dilakukan diskusi hal-hal yang berkaitan dengan pelayanan, peningkatan kesejahteraan bagi PMP dan  Manfaat Lain sesuai POJK 5/2017.

 

Acara ditutup dengan pemberian cinderamata oleh kedua pihak.

 

*** Kabagsek

Comments are closed.